Oleh-oleh khas Jawa tengah

12 Oleh-oleh khas Jawa tengah Paling Nikmat dan Populer

Oleh Oleh Ciri khas Jawa Tengah- Anda pengin bertandang ke Propinsi Jawa tengah, diantaranya Semarang?

Semarang merupakan kota paling besar kelima di Indonesia dan jadi kota yang paling berkembang cepat di Pulau Jawa ini. Salah satunya bentuk kebangaan pra riwayat di Jawa tengah yaitu Candi Borobudur yang disebut monumen Budha paling paling besar di dunia.

Oleh-oleh khas Jawa tengah

Satu kembali Candi Prambanan yang berada di wilayah Klaten yang disebut kompleks Hindhu paling paling besar di semua Indonesia.

Nah, bicara mengenai rekreasi yang berada di Jawa tengah tentunya tidak lepas dengan disertai makanan ciri khas Propinsi Jawa tengah. Ada beberapa kulineran yang dapat Anda cicip di Jawa tengah.

Bahkan juga untuk memperoleh oleh-oleh ciri khas Jawa tengah sangat gampang, sebab banyak toko oleh-olehan yang jual makanan ciri khas Jawa tengah seperti apa yang Anda harapkan. Nah, ingin tahu apa oleh-oleh ciri khas dari Propinsi Jawa tengah? Yok baca penjelasannya di bawah ini:

1.Lumpia Semarang

Nikmati sedapnya lumpia asli dari kota aslinya pasti terbentuk kesan tertentu. Lalu bagaimanakah nasip keluarga Anda di rumah?

Baca Juga: Makanan khas Minangkabau Nikmat Sekali

Nah, pulang dari Semarang dengan bawa oleh-oleh ciri khas Jawa tengah ini bisa menjadi salah satunya langkah Anda untuk memperlihatkan diri Anda selalu ingat keluarga walau sedang liburan ke Jawa tengah.

Untuk memperoleh lumpia ini tidak susah, Anda dapat tiba langsung ke Gang Lombok wilayah Pecinan Semarang.

2. Lihat Solo

Anda senang dengan cemilan ini? Lihat ialah seperti kerak nasi yang proses pembikinannya harus dilaksanakan penjemuran lebih dulu sampai kering. Baru selanjutnya dilaksanakan dengan penggorengan yang memakai minyak yang cukup panas. Kemudian, lihat itu dibuntel rapi plus tambahan gula merah atau garam untuk menambahkan cita-rasa dari lihat Solo itu. Tetapi rupanya lihat Solo memiliki banyak variasi rasa, salah satunya seperti renyah, asin, gula jawa dan manis. Makanan ini termasuk berbahan yang alami tanpa MSG.

3. Roti Ganjel Rel

Dari namanya makanan ini telah kedengar aneh, tapi roti ini jajanan oleh-olehan ciri khas Jawa tengah yang paling paling populer. Walau namanya kedengar aneh, tapi roti ganjel rel ini memiliki rasa yang demikian unik dan spesial. Bahan landasan pengerjaan roti ini asli dibuat dari kombinasi tepung tapioka dengan kayu manis dan santan. Untuk mempercantik penampilan roti itu, diberi tambahan taburan wijen secara rata di atas roti ini. Untuk struktur roti ini dibikin cukup keras dan warna coklat yang serupa dengan bantalan rel KA. Jadi, saat ini anda sudah mengetahui bukan asal mula dari nama roti itu?

4. Wingko Babat

Anda ketahui wingko babat? Wingko babat ialah semacam makanan tradisionil asli Jawa tengah yang dibuat dari kelapa dengan kombinasi beberapa bahan yang lain. Di wilayah Jawa tengah, wingko babat berupa bulat dan demikian lunak seperti jenang dodol tapi ada kombinasi kelapanya. Biasanya wingko babat dipasarkan dengan wujud bulat yang dibuntel kertas. Untuk gabungan rasa wingko babat Jawa tengah ditambahkan gula pasir supaya terbentuk rasa yang lebih manis dan sedap.

5. Kue Mochi

Kue ini populer aslinya dari negeri seberang, tapi rupanya kue mochi populer selaku oleh-oleh ciri khas Jawa tengah. Kue mochi asli dibuat dari tepung ketan yang ada isian gula dan kacang cincang. Penampilannya bulat-bulat kecil dan tekturnya kenyal dengan diberi tambahan taburan wijen tentunya akan memikat pencinta kulineran yang menyaksikannya. Kue Mochi ini dibikin tanpa tambahan bahan pengawet dan dapat bertahan sampai tujuh hari. Hingga makanan ini benar-benar aman untuk dimakan.

6. Tahu Bakso

Anda senang bakso? Nah, tahu bakso ciri khas Semarang ini dapat Anda buat jadi oleh-oleh untuk keluarga saat santai sekalian minum teh. Rasa tahu bakso ciri khas Semarang ini demikian renyah dan nikmat bila dihidangkan plus tambahan cabai rawit hijau. Ada dua variasi tahu bakso Semarang yaitu rebus dan goreng. Anda tak perlu menanyakan variasi tahu bakso yang mana nikmat karena keduanya berasa sedap. Nah, untuk mendapati oleh-oleh ciri khas Jawa tengah ini, anda langsung bisa tiba ke Jl. Pandanaran, Semarang. Tahu bakso yang terpopuler di Semarang yaitu produksi B. Pudji yang pertamanya kali membuat jajanan tahu bakso semenjak tahun 1995.

7. Bandeng Juwana

Untuk anda fans olahan menu ikan karena itu bila tiba ke Semarang, Jawa tengah wajib buat tiba ke Toko Bandeng Juwana yang beralamatkan di Jl. Pandanaran No.57, Semarang. Di toko itu anda seperti masuk ke surganya olahan Bandeng yang super sedap. Kecuali anda dapat bawa pulang olahan bandeng itu, anda rupanya dapat nikmati hidangan menu Bandeng Juwana di lantai kedua dan dapat mencicip olahan sate bandeng, gudeg bandeng dan bandeng tauco. Menarik kan?

8. Super Cake Brillian

Cake brillian jadi oleh-olehan ciri khas Jawa tengah sebagai buronon beberapa pelancong yang tiba ke Jawa tengah. Roti ini dapat anda dapatkan dengan gampang di Istana Brillian persisnya di Jl. Simpang Lima, Kota Semarang. Bahan untuk bikin roti brillian ini dari beberapa bahan opsi dan resep yang dipakai asli resep kuno dari leluhur. Untuk variasi rasanya bermacam yaitu rasa almond, keju, kismis dan coklat. Roti ini sanggup bertahan sampai beberapa hari, hingga benar-benar pas untuk oleh-oleh untuk keluarga tersayang di dalam rumah.

9. Batik Semarangan

Rupanya Semarang memiliki keunikan batik yang bagus sekali dan nampak unik. Batik Semarang bermotif yang lain dari pola batik-batik yang lain. Pola Batik Semarang yang diambil asli dari kisah landmark dengan pemikiran beberapa kota seperti Tugu Muda, Lawang Sewu dan Gereja Blenduk. Nah, untuk dapat memperoleh Batik Semarangan ini, Anda direferensikan untuk tiba langsung ke Daerah Batik di Jl. Batik, Semarang. Di pusat produksi batik itu Anda bukan hanya bisa beli batik itu, tapi bisa juga saksikan langsung proses pengerjaan Batik Semarang.

10. Kaos Costa-Brava

Kemungkinan Anda belum juga mengenali arti nama kaos ciri khas Semarang ini. Costa Brave ialah satu kota yang mempunyai penglihatan pantai yang paling elok di Eropa. Diberi nama kaos begitu sebab dulunya penjajah yang lakukan penjajahan di Semarang berawal dari kota Costa Brave. Beberapa ciri design kaos Costa-Brava nampak demikian unik dan asli bikinan anak Semarang seperti gambar Lawang Sewu dan Simpang Lima.

11. Lanting Kebumen

Sesudah dari Banyumas, kamu akan melalui Kebumen dan janganlah lupa singgah sesaat untuk beli lanting. Lanting adalah kudapan enteng yang dibuat dari singkong, yang dibuat lingkaran atau angka 8. Tidak hanya rasa bawang, kamu bisa juga bawa pulang lanting dengan bermacam rasa, misalkan keju, jagung, sampai pedas.

12. Carica Wonosobo

Bila pelancong lewat di Wonosobo, pasti di sejauh jalan akan menyaksikan barisan buah serupa pepaya tetapi lebih kecil. Itu carica yang umumnya dibuat jadi bermacam makanan misalkan manisan, keripik, dodol, sampai sirup.

Nah, itu 12 oleh-oleh ciri khas Jawa tengah yang paling nikmat dan populer. Banyak oleh-oleh asli Jawa tengah Kan? Karena itu di sini diberi kisah mengenai oleh-oleh yang di Jawa tengah supaya Anda saat bertandang ke satu tempat di Propinsi Jawa tengah tidak berasa kesusahan saat menentukan oleh-oleh. Mudah-mudahan berguna!