Sambal Terkenal di Indonesia

Sambal Terkenal di IndonesiaSambal Terkenal di Indonesia, Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki hidangan panas dan pedas—dan coba tebak, mereka adalah favorit orang Indonesia sepanjang masa.

Hampir semua restoran Indonesia, meski tidak mengkhususkan diri pada makanan pedas, menawarkan sambal atau sambal sebagai pelengkap santapan.

Ada juga banyak restoran di Indonesia yang mengkhususkan diri pada makanan panas dan pedas. Disini kita tidak membahas tentang makanan padang yang biasanya memiliki cita rasa pedas, akant etapi makanan makanan yang dapat di nikmati dengan beragam jenis sambal. Bahkan ada resto yang khusus menyajikan mi instan, namun dengan tambahan cabai (sampai 25 buah cabai untuk satu porsi!).

Baca juga: Oleh Oleh Khas Magetan Yang Enak

Sambal Terkenal di Indonesia

Oleh karena itu, tidak jarang jika orang Indonesia ke luar negeri setidaknya membawa satu botol sambal atau sambal, karena ‘tidak bisa makan tanpa sambal’.
Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khas.Setiap daerah memakai beragam bahan untuk mengolah sambal yang enak, lezat, dan menggugah selera secar avisual. Apabila kamu menyukai makanan pedas, kalian harus mengetahui beberapa varietas sambal yang ada di Indonesia sebagai berikut.

Sambal Belacan atau Sambal Terasi

Untuk sambal belacan, atau yang biasa di sebut dengan sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal yang cukup populer dan dapat kalian temukan dimana saja din Indonesia. Dan Sambal mentah terbuat dari cabai segar, tomat, terasi (terasi), dan bawang merah. Nah, sebenarnya Sambal Belacan cocok dengan setiap gorengan!

Bahan pengubah permainan sambal ini adalah terasi, atau terasi. Terasi dicirikan oleh aroma amis yang kuat yang hanya cocok dengan rasa yang dibumbui dengan baik. Bahan lainnya adalah cabai, bawang merah dan tomat.Ukuran pedasnya dapat di tentukan dengan perbandingan antara sambal dengan tomatnya. Akan tetapi biasanya sambal ini berpacu pada cukup pedas sampai sangat pedas.

Sambal Kacang

Sambal Kacang atau sambal kacang juga merupakan salah satu sambal Indonesia yang paling favorit. Dan Sambal yang satu ini di buat dengan mengolah kacang tanah, bersamaan dengan bawang putih, cabe, dan beberapa rempah lainnya dengan air.

Bahan utama Sambal Terkenal di Indonesia ini adalah kacang tanah sangrai dan cabai rawit. Tetapi banyak bumbu dan rempah-rempah lainnya juga penting dalam membuat sambal kacang yang lezat dengan keseimbangan rasa pedas, manis, dan gurih yang baik. Banyak hidangan tradisional datang dengan ini, terutama yang dari Jawa. Tingkat kekentalan yang tepat juga merupakan faktor dalam menciptakan sambal kacang yang enak – terlalu kental dan terlalu kering untuk menyatu dengan makanan, terlalu encer dan sulit diolah.

Sambal Bawang

Sambal Bawang memiliki aroma khas bawang putih yang dijamin membuat lidah Anda bergoyang. Dan Sambal Bawang terbuat dari cabai segar, bawang putih, dan garam yang dihaluskan menggunakan lesung. Sebelum disajikan, minyak sayur panas dicampur ke dalam sambal. Celupkan ayam goreng, tahu, atau tempe ke dalam sambal ini, dan rasakan sensasi pedasnya!

Resepnya hanya bawang putih, bawang merah dan cabai rawit merah, beserta garam dan gula secukupnya, digoreng dengan sedikit minyak sayur. Bawang merah menambahkan umami tertentu ke seluruh campuran, sementara bawang putih membantu mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

Sambal Kecap

Untuk Sambal jenis ini tidak digiling atau dihancurkan. Itu terbuat dari campuran cabai cincang (kadang dengan tomat dan bawang merah cincang juga), kecap manis, dan air jeruk nipis.

Sambal kecap menggunakan bahan-bahan segar yang belum dimasak untuk membuat bumbu yang gurih dan tidak repot. Cabai hijau, cabai rawit, tomat, dan bawang merah diiris lalu disiram kecap manis khas Indonesia.Akan memiliki rasa manis dan juga pedas yang menggugah selera untuk makanan yang sederhana.

Sambal Lado

Sambal Lado berasal dari Padang, Sumatera Barat. Ini ekstra panas, dan warna merah menyala sangat menggugah selera! Sambal Lado terbuat dari cabai yang dihaluskan, bawang putih, bawang merah, bawang merah, tomat, garam, dan air jeruk nipis; semua ditumis dalam minyak goreng panas.

Sambal Hijau

Warna hijau dari sambal ini bukan berarti tidak selezat sambal lainnya yang berwarna merah. Cabai hijua, bawang putih dan merah yang di goreng, dengan sambal hijau selalu dapat di temui di setiap restoran padang di Indonesia. Akan tetapi ada juga sambal yang mirip di Indonesia yang dapat di beli di hampir semua supermarket di Indonesia.

Sambal Bajak

Sambal Bajak memiliki bahan yang mirip dengan Sambal Belacan, namun dengan tambahan ekstrak asam jawa. Untuk Sambal Bajak biasanya menjadi saus untuk kentang goreng Indonesia atau bahkan ayam goreng.

Sambal Terkenal di Indonesia Rica

Sambal Rica adalah sambal khas dari Manado, Sulawesi Utara. Sereh yang digunakan dalam sambal ini membuatnya berbeda dengan sambal lainnya di Indonesia. Sambal Rica terbuat dari cabai giling, bawang merah, jahe, dan gula yang ditumis dengan minyak sayur. Serai yang di cincang di campur dengan perasan jeruk nipis yang di olah guna untuk menambahkank aroma dan juga kesegarannya.

Sambal Pencit atau Sambal Mangga

Sambal + buah asam mentah = rasa yang tak terbantahkan. Cobalah Sambal ini dengan makanan laut (makanan laut bakar lebih baik) dan nasi panas. Yum!

Sambal ini memiliki rasa dan kesegaran yang unik dari bahan rahasia tropis: mangga! Rasa khasnya adalah kombinasi rasa asam mangga muda dan pedasnya cabai, dipadukan dengan garam, gula aren, dan terkadang terasi.

Sambal Dabu-dabu

Manado terkenal dengan masakan pedasnya. Saat Anda mencoba masakan Manado, pastikan Anda tidak lupa untuk mencoba sambal yang satu ini. Sambal dabu-dabu adalah sejenis sambal mentah.

Makanan ini di buat dari bahan cabai yang di cincang dengan tomat, bawang merah, di tambah perasan jeruk nipis. Cukup campur bahan dalam mangkuk, tambahkan gula dan garam, dan tuangkan dengan minyak sayur panas sebelum disajikan. Sepertinya salsa Meksiko, bukan?

Resep sambal ini berasal dari Manado, kota pesisir yang terkenal dengan masakan pedas dan seafood segar. Selain cabai, tomat, dan bawang merah biasa, resep ini menggunakan kemangi dan air jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

Sambal Terkenal di Indonesia pecel

Jika dilihat, Sambel Pecel mungkin terlihat persis seperti Sambal Kacang. Bentuknya boleh sama, tapi rasanya beda. Sambal Pecel terbuat dari bawang putih, terasi, kacang tanah, cabai, kencur, ekstrak asam jawa dan gula aren yang dihaluskan dengan lumpang batu. Sebelum disajikan, air hangat perlu ditambahkan ke Sambal. Untuk Sambal Terkenal di Indonesia ini tidak terlalu pedas dan memiliki rasa manis dan gurih yang khas berkat adanya kacang tanah dan kencur.

Sambal Matahu

Sambal yang populer ini berasal dari Bali. Sama seperti Sambal Dabu-dabu, Sambal Matah dibuat dari bahan baku seperti bawang merah, cabai, tomat, serai, dan satu bahan khusus: kecombrang (juga dikenal sebagai jahe obor, lily jahe merah, atau Etlingera). Tampilan Sambal yang berwarna-warni, serta rasanya yang segar pasti akan menggugah selera Anda.